Bengkulu

Edisi PLTU Mengubur Bengkulu: Kita Punya Solusi

0
Biogas kotoran sapi jadi sumber listrik di Bengkulu (Foto: KOMPAS.COM)

Saat ini kami sangat bersyukur atas kelimpahan kekayaan yang diberikan Tuhan pada Bengkulu. Bentuk syukur itu kami apresiasikan dalam hal menjaga dan merawatnya walau jauh dari maksimal.

Seketika rasa khawatir menyelimuti kami, saat dua PLTU akan hadir dan tentu saja akan mencabik-cabik anugerah Tuhan dalam bentuk sehat dan bersihnya udara kami.

Kami, kamu dan menjadi kita. Kita mengetahui saat ini negara dunia sudah berangsur meninggalkan pembangkit listrik yang dihasilkan dari energi kotor.

(Baca juga: Kampung Penuh Kotoran Sapi Yang Kini Jadi Sentra Biogas)

Bengkulu punya gas alam, angin, ombak laut dan kelimpahan sinar matahari tanpa batas. Kita meyakini itu semua dapat menjadi energi utama menggantikan energi kotor dari batubara.

Hanya saja, kemauan kita untuk beralih pada energi terbarukan dan bersih masih belum kuat. Pertimbangan biaya mahal dan tak ekonomis masih membayangi para pemegang kebijakan.

Tentunya kita tetap menginginkan anak cucu kita bergembira menyandang tasnya ke sekolah, mencium tangan kita, memeluk tubuh kita saat menjemputnya di sekolah tanpa harus khawatir terpapar racun dari PLTU.

Mari kita renungkan lagi! (TAMAT)

Tulisan Pertama: Edisi PLTU Mengubur Bengkulu: Ekspresi Bersyukur

Tulisan Kedua: Edisi PLTU Mengubur Bengkulu: Kami Khawatir

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.