Bengkulu

Jurnalis Mesir Raih Medali Inovasi Nelson Mandela-Graca Machel 2017

 

Seorang jurnalis Mesir yang juga editor utama surat kabar online Al Bedaiah, Khaled Elbalshy, meraih medali inovasi Nelson Mandela-Graca Machel 2017 untuk kategori aktivis perseorangan.

Khaled Elbalshy memenangi kategori Aktivis perorangan. Selain dikenal sebagai jurnalis ia juga dikenal sebagai aktivis Hak asasi Manusia (HAM). Khaled berjuang di Mesir untuk menyuarakan kebebasan pers dan berbicara.

Meski kebebasan media diserang terus-menerus, Khaled dengan berani dan tanpa henti mengejar kebebasan pers dan menyatakan pendapat. Akibat tindakannya Khaled menghadapi sejumlah pelecehan yudisial dan online.

“Penghargaan ini merupakan pengakuan kuat semua orang yang membela kebebasan pers di Mesir. Ini juga merupakan pesan bagi lebih dari 20 wartawan yang dipenjarakan bahwa suara mereka masih bisa menembus dinding penjara,” ujar Khaled Elbalshy dalam rilis yang dikirim oleh aliansi masyarakat sipil global, CIVICUS,  Rabu (29/11/2017).

Penghargaan Inovasi Nelson Mandela-Graca Machel diambil dalam empat kategori: Aktivis Pemuda, Aktivis Perorangan, Organisasi Masyarakat Sipil dan Brave Filantropi.

Penghargaan tersebut diambil dari Nelson Mandela dan mantan Ibu Negara Afrika Selatan dan Mozambik, Graça Machel, sebagai bentuk penghormatan atas keberanian dan inovasi yang luar biasa dalam menciptakan perubahan sosial dan memberdayakan generasi masa depan.

Graça Machel mengatakan penghargaan seperti ini sangat penting karena para pemenang sebenarnya adalah ‘percikan harapan’ dengan potensi untuk menginspirasi banyak orang.

“Penting bagi kita yang memiliki kebebasan untuk berbicara, menggunakan suara kita untuk mengangkat individu dan organisasi pemberani ini,” kata Graca.

Selain Khaled Elbalshy, pemenang kategori Aktivis Muda, diberikan pada Jubilanté Cutting dari Guyana, ia merintis pengembangan peluang untuk membantu pemuda Karibia membentuk masa depan industri digital dan kreatif. Pada tahun 2016, diusia 19 tahun, dia mendirikan Jaringan Animasi Guyana – sebuah organisasi yang memberdayakan anak muda dengan keterampilan dalam media digital dan animasi.

“Sebagai seorang wanita muda Guyanese, kisah Nelson Mandela dan Graça Machel yang saya baca di kelas sejarah saya terasa sangat nyata. Saya tidak pernah membayangkan bahwa suatu hari nanti saya akan menerima sebuah penghargaan yang diberi nama untuk menghormati para pahlawan ini,” kata Jubilante Cutting.

Pemenang kategori Organisasi Masyarakat Sipil, diberikan pada Mentally Aware Nigeria Initiative (MANI) sebuah organisasi dengan misi untuk mengubah wajah kesehatan mental di Nigeria. Meskipun keterbatasan dana dan stigma yang signifikan, MANI dengan cepat menjadi organisasi kesehatan mental terbesar dan paling aktif di Nigeria.

“Ini adalah saat yang tepat bagi kami dan kami ingin mempersembahkannya kepada setiap pemuda Nigeria yang mengatasi penyakit jiwa. Kami termotivasi untuk terus berdiskusi dan berharap suara kami akan terus bergema baik di dalam maupun di luar perbatasan kami,” kata Victor Ugo, Pendiri Mani.

Pemenang kategori Brave Filantropi, Guerrilla Foundation (GF) berbasis di Jerman Sebagian besar sektor filantropi cenderung mengarah pada organisasi mapan dan pendekatan yang lebih konservatif, GF malah berfokus untuk mendukung aktivis garis depan dan gerakan akar rumput.

Ivan Juric dari GF mengatakan penghargaan ini adalah kehormatan mutlak. Keberanian dalam filantropi benar-benar kurang dan ini adalah bidang yang sangat membutuhkan keberanian daripada yang diketahui. Kami berharap bisa memberikan dorongan – atau dorongan – untuk itu! ”

Keempat pemenang tersebut dipilih dari sekitar 300 nominasi dari seluruh dunia. Perayaan pembelian penghargaan akan dilakukan pada sebuah upacara 7 Desember 2017 di Suva, Fiji sebagai bagian dari Pekan Masyarakat Sipil Internasional.

Penghargaan dilakukan bekerjasama dengan The Elders – sekelompok pemimpin independen yang bekerja sama untuk perdamaian, keadilan dan hak asasi manusia, yang didirikan oleh Nelson Mandela pada tahun 2007.

Secara khusus, Penghargaan tersebut merupakan bagian dari #WalkTogether kampanye, yang dikodekan oleh The Elders dengan jaringan mitra masyarakat sipil. #WalkTogether berusaha untuk merayakan ‘percikan harapan’ seperti pemenang Penghargaan, yang memberi harapan, belas kasih dan empati inspirasi pada saat kekuatan gelap rasa takut, xenophobia dan ucapan yang membenci mewakili ancaman yang mendalam terhadap kebebasan dan persatuan global.

“Ketika almarhum suami dan saya pertama kali meminjamkan nama kami ke Penghargaan ini, kami tidak tahu bahwa lebih dari satu dekade kemudian, mereka masih ada. Hari ini, saya bergabung dalam menghormati pemenang Penghargaan Inovasi Machel Innovation Nelson Mandela-Graça 2017. Kami mengundang semua orang untuk bergabung dengan kami, untuk membantu melanjutkan perjalanan panjang Mandela menuju kebebasan dengan mendukung suara berani yang bekerja untuk kebebasan di seluruh dunia, “kata Ms Machel.

Penghargaan Inovasi Machel Nelson Mandela-Graça dipimpin oleh aliansi masyarakat sipil global, CIVICUS, melalui Civic Space Initiative. Bersama dengan CIVICUS ‘SPEAK! kampanye, Penghargaan berusaha untuk merayakan, mempromosikan, dan membela suara warga biasa dalam memastikan masa depan yang lebih adil dan berkelanjutan untuk semua.

saya mewakili kompas.com turut diundang dalam event pemberian penghargaan tersebut dalam sebuah pertemuan Masyarakat Sipil Internasional di Fiji 2 Desember hingga 11 Desember 2017.

FIRMANSYAH

Comments are closed.