Bengkulu

Mampukah Mesin Temuan Warga Bengkulu Ini Pecahkan Masalah Polusi?

Hamdani dengan mesin pencuci asap inovasinya

Polusi udara dari sisa pembakaran asap pabrik, knalpot kendaraan bermotor, sampah yang membebani, diyakini para ilmuwan sebagai salah satu penyebab perubahan iklim dan pemanasan global. Berbagai upaya dilakukan negara-negara dunia untuk mengurangi dampak buruk dari kotornya udara.

Di Bengkulu, Hamdani (56) warga Desa Pekik Nyaring, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, berhasil menemukan sebuah alat yang mampu mencuci asap.

“Alat pencuci asap ini dapat digunakan untuk menghilangkan asap dari pembakaran sampah, menghilangkan asap cerobong pabrik indutri skala besar, sedang hingga kecil. Prinsipnya alat ini mampu mencuci asap menjadi hilang,” kata Hamdani saat dijumpai di rumahnya, Minggu (10/12/2017).

Alat pencuci asap tersebut dibuat Hamdani cukup sistematis, alat itu terdiri dari drum digunakan sebagai tempat membakar sampah. Dari drum tersebut dihubungkan ke sebuah tabung berisi air menggunakan pipa. Di dalam tabung tersebut asap akan dicuci menggunakan penggerak bermesin, hingga tak ada lagi asap sisa pembakaran sampah.

FIRMANSYAH

Comments are closed.

Translate »